Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus Countif Excel

Berikut ini akan diulas mengenai contoh tutorial excel menggunakan fungsi COUNTIF atau rumus COUNTIF excel juga fungsi COUNTIFS atau rumus COUNTIFS untuk kamu yang mau belajar excel.

Perlu diketahui, menguasai pengunaan excel bisa memperbesar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Tentu saja anda bisa mencari info lowongan pekerjaan lewat aikerja.com ini.

Menurut pengertiannya rumus COUNTIF merupakan sebuah fungsi dalam Microsoft Excel, digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel dalam sebuah syarat atau aturan tunggal.

Disini terdapat contoh soal, contoh tutorial excel menggunakan fungsi COUNTIF atau rumus COUNTIF excel juga fungsi COUNTIFS atau rumus COUNTIFS yang ada pada Microsoft Excel.

Disini terdapat contoh soal, contoh tutorial excel menggunakan fungsi COUNTIF atau rumus COUNTIF excel juga fungsi COUNTIFS atau rumus COUNTIFS yang ada pada Microsoft Excel.

Penentuan tersebut ditentukan oleh Anda sendiri agar pekerjaan tersebut lebih mudah baik untuk mengolah kata serta angka.

Salah satu contoh yang bisa digunakan adalah menghitung jumlah kata Nanas atau angka 75 pada seluruh cell. Sebenarnya, fungsi ini tidak jauh berbeda dengan Count.

Tetapi, lebih spesifik lagi. Jadi, ada sebuah syarat atau aturan tertentu harus terpenuhi. Sehingga, penentuannya lebih dalam lagi.

Contoh Tutorial Cara Menggunakan Rumus COUNTIF

Anda bisa melihat video tutorial cara menggunakan fungsi COOUNTIF atau rumus COUNTIF dibawah dan melanjutkan membaca penjelasannya yang lebih detail.

 

 

Penulisan fungsi ini bisa ditulis demikian, “=COUNTIF(range; kriteria)”. Penjelasan yang bisa diberikan dari struktur tersebut adalah Range, merupakan jumlah rata-rata dalam seluruh kolom.

Isinya bisa teks atau sebuah nilai. Sementara, untuk kriteria berisi aturan menentukan sesuatu. Begini cara mudah dalam memahaminya.

Ada 10 nama murid satu kelas, mereka mempunyai nilai dengan jumlahnya berbeda-beda. Untuk mengetahui berapa yang punya angka 80 bisa ditemukan menggunakan fungsi ini. Caranya, tulis nomor di kolom A2, nama B2, sementara poin tersebut C2 hingga ke bawah. Lalu, bisa dituliskan “=COUNTIF(C2:C10;80)”.

Dari sana, akan terlihat berapa jumlahnya. Bisa juga menggunakan rumus COUNTIF untuk melihat berapa murid mempunyai poin kurang dari 80. Atau banyak syarat lainnya hingga kriterianya. Tinggal diubah saja item formulanya sesuai keperluan dari kebutuhan Anda.

See also  Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus If di Excel

Jangan lupa menggunakan tanda petik sebagai bagian dari aturan tertentu. Hal itu wajib disertakan bila menggunakan uji logika matematika atau angka.

Tetapi, kalau sifatnya hanya numerik maka, penggunaannya tidak memerlukan tanda petik ganda. Jika, menggabungkan penulisan cukup tambahkan saja lambang &.

Ilustrasinya seperti pada contoh di atas. Ingin mengetahui berapa jumlah anak mendapatkan poin lebih 80 bisa ditambahkan “>” kemudian, masukkan karakter “&” dan kolom di mana ada nilai 80. Penggunaan Rumus COUNTIF sendiri cukup mudah, tidak akan terpengaruh sama sekali dengan huruf besar atau kecil.

Menggunakan Formula COUNTIF untuk Kata

Dalam menggunakan untuk kata maka, penulisan rumusannya akan jadi seperti contoh ini. Ada banyak tulisan dengan berbagai nama buah. Seperti, Apel hijau, merah, jambu biji, jambu air dan masih banyak lagi. =COUNTIF(range;”jambu”) inilah tulisan alam rumus agar tahu jumlah seluruhnya.

Maka, semua kata yang berhubungan dengan buah tersebut akan tertera dan muncul dengan sendirinya. Kolom tersebut biasanya terjadi kesalahan dalam penulisan seperti hurunya ada yang besar semua, kecil semua, atau bahkan kombinasi keduanya. Dengan fungsi ini, kata dari Jambu masih tetap muncul hasilnya.

Conntoh Soal Penerapan Fungsi Rumus COUNTIF

Berikut dibawah ini adalah contoh penerapan dari fungsi yang ada di Microsoft Excel ini. Data berada di kolom sel B dan C

Data Sel B1-B4 Data Sel C1-C4
Mangga 33
Semangka 53
Melon 74
Mangga 87
Rumus Fungsi COUNTIF Deskripsi
=COUNTIF(B2:B5,”Mangga”) Contoh soal menghitung jumlah sel yang berisi Mangga di sel B2 hingga B5. Hasilnya adalah 2.
=COUNTIF(B2:B5,A4) Contoh soal menghitung jumlah sel yang berisi Melon (nilai di B4) di sel B2 hingga A5. Hasilnya adalah 1.
=COUNTIF(B2:B5,A2)+COUNTIF(B2:B5,A3) Contoh soal menghitung jumlah Mangga (nilai di C2) dan Semangka (nilai di C3) di sel C2 hingga C5. Hasilnya adalah 3. Rumus ini menggunakan COUNTIF dua kali untuk menentukan beberapa kriteria, satu kriteria per ekspresi. Anda juga dapat menggunakan fungsi COUNTIFS.
=COUNTIF(C2:C5,”>55″) Contoh soal excel ini akan menghitung jumlah sel dengan nilai yang lebih besar dari 55 di sel C2 hingga C5. Hasilnya adalah 2.
=COUNTIF(C2:C5,”<>”&C4) Contoh soal ini akan menghitung jumlah sel dengan nilai yang tidak sama dengan 74 di sel C2 hingga C5. Ampersand (&) menggabungkan operator perbandingan tidak sama dengan (<>) dan nilai di C4 untuk dibaca =COUNTIF(C2:C5,”<>74″). Hasilnya adalah 3.
=COUNTIF(C2:C5,”>=33″)-COUNTIF(C2:C5,”>86″) Contoh soal ini akan menghitung jumlah sel dengan nilai lebih besar dari (>) atau sama dengan (=) 33 dan kurang dari (<) atau sama dengan (=) 86 di sel C2 hingga C5. Hasilnya adalah 3 .
=COUNTIF(B2:B5,”*”) Pada contoh ini akan menghitung jumlah sel yang berisi teks di sel B2 hingga B5. Karakter tanda bintang (*) digunakan sebagai karakter wildcard untuk mencocokkan karakter apa saja. Hasilnya adalah 4.
=COUNTIF(B2:B5,”????ga”) Contoh ini menghitung jumlah sel yang memiliki tepat 6 karakter yang berakhiran huruf “es” di sel B2 hingga A5. Tanda tanya pada contoh (?) digunakan sebagai karakter wildcard untuk mencocokkan setiap karakter yang. Hasilnya adalah 2 ( Ada dua manga disini).
See also  Seputar Aplikasi Penggajian Karyawan HRD Wajib Ketahui! Apa Saja!?

Adapun Rumus COUNTIF Lainnya

Dalam microsoft Excel mempunyai banyak macamnya, sebenarnya fungsinya hampir sama tidak jauh berbeda jauh. Pembedanya terletak pada kondisi tertentu, Counta digunakan untuk mengetahui berapa saja jumlah sel terisi oleh teks atau kata. Sementara, jenis lainnya ada Countablank.

Fungsi ini akan membuktikan berapa jumlah seluruh kolom kosong dalam data tersebut. Begini cara menggunakan keduanya Anda bisa menuliskan fungsi =Counta(Value;…) titik ini bisa diisi berapa jumlah kolom yang memang akan dihitung. Contoh ilustrasinya seperti di bawah ini.

Dalam satu kelas terdapat beberapa ruangan. Kemudian, di tulis seluruh namanya di sana. Selanjutnya, menggunakan Countablank bisa menulis seperti ini, =CountablankIrange). Perhitungan ini untuk melihat, berapakah jumlah bangku kosong dalam seluruh ruangan seperti contoh di atas.

Fungsi dari COUNTIFS

Rumus dari COUNTIF excel lainnya adalah COUNTIFS. Anda harus teliti dalam membedakannya, karena keduanya hanya beda huruf s atau tidak. Sama-sama menentukan jumlah melainkan untuk memenuhi banyak kriteria dalam satu kolom. Hampir mirip dengan Sum tetapi, keduanya punya kegunaan masing-masing.

Lebih mencacah atau memilih berapa angka pemilik sebuah data. Menggunakannya bisa menuliskan seperti ini “=COUNTIFS(criteria_range;criteria1) serta masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan dalam seluruh data tersebut, sesuai dengan berbagai kebutuhan seperti ekspresi, referensi teks dan masih banyak lagi.

Begini ilustrasi soalnya, murid satu kelas ada dua nilai tertulis. Anda bisa menggunakan syarat tersebut untuk mengetahui, berapa murid mendapatkan angka terbaik, sedang, hingga terburuk. Atau, dikombinasikan dengan penilaian lebih dari 60 atau 70, bisa aturan lainnya serta berbagai karakter seperti, * mewakili keseluruhan teks.

Peran dari Rumus COUNTIF

Menggunakan formula ini memang mempunyai banyak peran terutama untuk berbagai industri dan perusahaan. Salah satunya, Anda bisa melihat berapa orang menyukai sebuah menu bila itu bisnis restoran. Kedua, untuk mengetahui apakah semua pelanggan menyukai pelayanan tersebut.

See also  Contoh Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

Dalam bidang industri, sebuah data seperti ini memang sangat penting. Biasanya para pejabat tinggi perusahaan memberikan evaluasi terhadap performa bisnis dan karyawan dari semua data itu. Maka, penggunaan semuanya akan sangat berarti terutama, untuk jalannya bisnis agar lebih baik lagi ke depan.

Menggunakan fungsi ini memang sangat penting untuk berbagai macam data. Tetapi, penggunaannya memang harus berhati-hati. Agar dalam memasukan semua formulanya tidak salah. Rumus COUNTIF ini berperan besar tidak hanya bagi pekerja pendidikan melainkan bidang bisnis juga.

Masalah Yang Mungkin Terjadi Pada Penggunaan Rumus Ini

Beberapa masalah dibawah mungkin akan terjadi ketika Anda menggunakan rumus ini pada kondisi nyata seperti:

Masalah yang sering terjadi pada penggunaan rumus COUNTIF.

Tips Menggunakan Rumus Ini

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika menggunakan fungsi formua COUNTIF atau COUNTIFS pada excel sebagai berikut dibawah:

Tips menggunakan rumus fungsi COUNTIF di excel.

Nah, diatas adalah contoh tutorial excel, contoh soal excel menggunakan fungsi COUNTIF atau rumus COUNTIF excel juga fungsi COUNTIFS atau rumus COUNTIFS untuk kamu yang mau belajar excel. Semoga bisa bermanfaat!

Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman Anda yang membutuhkannya juga.  Terus jangan lupa subscribe, follow instagram @aikerja, twitter @aikerja dan ikuti terus website lowongan kerja aikerja.com untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru setiap hari!

Blog Dunia Kerja, Tips Dunia Kerja, Trik Microsoft Excel

Leave a Reply