Contoh Soal Rumus ROUNDUP (Fungsi ROUNDUP Di Excel).

Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus Pembulatan Excel

Berikut ini akan dibahas contoh cara menggunakan fungsi rumus pembulatan excel atau cara pembulatan di excel dengan ROUND, ROUNDUP dan juga ROUNDOWN untuk yang mau belajar tutorial excel. Dengan memiliki skill excel ini akan permudah Anda mencari pekerjaan. Tentu saja Anda bisa mencari info lowongan pekerjaan di aikerja.com saja.

Rumus Pembulatan Excel ini diperlukan sebagai bagian dari transaksi keuangan. Tidak heran memang karena, beberapa toko hingga restoran masih ada yang menggunakan harga tidak melakukan pembulatan. Sebagai contoh, sebuah makanan serta minuman biasanya masih menggunakan Rp34.525 atau angka lainnya.

Dengan membulatkannya membuat pengembalian kepada pelanggan jadi lebih mudah. Dalam Microsoft sudah banyak formula, bisa digunakan juga bila untuk penulisan desimal di belakang.

Karena, penulisan tersebut dinilai terlalu panjang dan kurang efektif. Oleh karena itu, fungsi ini sangat dibutuhkan agar dalam perhitungan mampu mengurangi eror.

Penjelasan Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus Pembulatan Excel Dengan ROUND, ROUNDUP dan ROUNDOWN

Sebagai berikut penjelasannya. Secara umum anda bisa menggunakan beberapa metode pembulatan di excel sebagai berikut:

  • Untuk membulatkan angka ke atas, Anda bisa menggunakan fungsi ROUNDUP di excel. Anda juga bisa menggunakan fungsi tambahan EVEN di excel untuk membulatkan ke angka  genap terdekat atau fungsi ODD di excel untuk membulatkan ke angka ganjil terdekat.
  • Untuk membulatkan angka ke bawah, Anda bisa gunakan fungsi ROUNDDOWN di excel.
  • Untuk membulatkan angka ke angka terdekat atau ke pecahan terdekat, anda bisa gunakan fungsi ROUND di excel.
Cara Membulatkan angka ke digit signifikan : Berikut ini pembahasan contoh cara menggunakan fungsi rumus pembulatan excel atau cara pembulatan di excel dengan ROUND, ROUNDUP dan juga ROUNDOWN untuk yang mau belajar tutorial excel.

Cara Membulatkan angka ke digit signifikan : Berikut ini pembahasan contoh cara menggunakan fungsi rumus pembulatan excel atau cara pembulatan di excel dengan ROUND, ROUNDUP dan juga ROUNDOWN untuk yang mau belajar tutorial excel.

Contoh Cara menggunakan Rumus Pembulatan Excel dengan Round

Round ini digunakan untuk membulatkan sebuah angka, tetapi menggunakan jumlah angka tertentu sesuai keinginan. Ilustrasi contoh demikian, ada sebuah data dengan nilai 123,678. Di belakang koma menggunakan tiga digit. Karena, penulisan tersebut terlalu panjang maka akan disederhanakan menjadi 1 angka saja.

See also  Contoh Cara Menggunakan Rumus Vlookup Excel

Oleh karena itu, bisa menulis fungsi, “=ROUND(letak cell, misalkan A1;jumlah penyederhanaan coba dengan angka 2). Maka, akan dari 123,678 bisa disederhanakan menjadi 123,67. Bila menginginkan hanya 1, jumlah penyederhanaan tulis saja nomor 1. Begitu pula seterusnya sesuai keinginan atau kebutuhan perusahaan.

Dalam membulatkan juga bisa menunjukkan puluhan. Rumusnya jadi, “=ROUND(kolom A1;-1). Bila disediakan nilai 15.556, menggunakan fungsi tersebut akan mengubahnya menjadi, 15.550. Tidak hanya satu saja. Num digits juga bisa menjadi 2, sehingga tertulis 15.600 secara otomatis ke atas atau ke bawah sesuai nomor terakhirnya.

Rumus Pembulatan Excel ini akan memudahkan pegawai kantor dalam melakukan laporan karena, tidak harus memikirkan begitu banyak angka. Pembulatan naik bila, poin di belakang 5,6,7,8,9. Tetapi, otomatis menurun jika terlihat poin tersebut 4,3,2 dan 1. Termasuk num_digits perubahan ke puluhan ribu hingga 3 sampai 5.

Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus Excel Rounddown Mendekati Nol

Round akan dibedakan menjadi beberapa macam. Ada yang membulatkannya ke bawah hingga mendekati nol. Namanya adalah Rounddown penggunaan sintax hanya perlu menuliskan, “Rounddown(kolom;berapa digit)” jumlah angka sama seperti di atas juga disediakan sesuai keinginan mulai dari 1 sampai 5.

Begini ilustrasi pembuatannya, ada sebuah data menuliskan 188,891. Menggunakan fungsi tersebut akan tertuliskan 188.930 bila menghendaki 1 saja. 188.900 untuk 2 dan seterusnya. Dengan begini keakuratan dalam perhitungan bisa dilakukan. Menghemat waktu pula, karena, bisa dilakukan secara otomatis.

Hanya saja, perhatikan penulisan rumus pembulatan Excel. Jangan sampai salah karena akan tertulis,”#Name”. Tulisan tersebut menandakan ada yang salah saat Indonesia menuliskan fungsi. Cobalah cek kembali secara perlahan. Kesalahan ejaan juga berpengaruh misalkan, huruf harus ada dua tetapi, ditulis satu saja.

See also  Jenis Software HRIS Atau Aplikasi HRIS Adalah Sebagai Berikut Ini

Serta berbagai macam ketelitian lainnya. Perlu diingat beda satu huruf atau angka saja, mempunyai arti tidak sama. Untuk masalah huruf besar atau kecil, tidak terlalu berpengaruh. Karena, masih mempunyai arti sama. Biasanya disesuaikan ejaan dalam bahasa Inggris, kecuali bagian default sudah diganti Indonesia.

Contoh Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel ROUNDUP dan Ceilling

Cara Menggunakan ROUNDUP (Fungsi ROUNDUP Di Excel).

Cara Menggunakan ROUNDUP (Fungsi ROUNDUP Di Excel).

Berkebalikan dari ke bawah sekarang membulatkan ke atas. Formula yang digunakan adalah Roundup. Angka dalam kolom secara otomatis akan naik. Misalkan, ada data menggunakan nilai 17,789. Jila , menggunakan fungsi tersebut mendapatkan hasil 17.780 atau seterusnya sesuai dengan perintah.

Cobalah tulis di kolom =ROUNDUP(cell;berapa digit yang akan dibulatkan). Mungkin, 1,2,hingga 3. Ada juga fungsi Ceilling atau kelipatan jauh ke atas mendekati angka nol. Dalam menulisnya demikian, “=Ceilling(kolom;significance). Perlu diingat dalam menggunakannya harus berkelipatan genap. Seperti, 10, 100, 50, 500, 1000.

Contoh Soal Rumus ROUNDUP (Fungsi ROUNDUP Di Excel).

Contoh Soal Rumus ROUNDUP (Fungsi ROUNDUP Di Excel).

Agar mudah dipahami, coba simak ilustrasi berikut. Dalam sebuah data terapat angka 166.996. Kemudian, dikehendaki untuk membulatkannya secara signifikan. Setelah, fungsi tersebut ditulis, akan menghasilkan poin demikian, 166.990 (10), 166.900 (100), 167.000 (1000) dan seterusnya.

Fungsi tersebut juga berlaku untuk nilai desimal. Misalkan, ada sebuah angka 15,75 menggunakan Roundup kemudian nilai dari jumlah digit dibuat 0. Secara otomatis akan ganti 16. Karena, membulatkannya naik jadi dua digit sebelum desimal tersebut ditambah satu sebagai hasil dari pembulatannya.

Contoh Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel Floor

Tidak jauh berbeda dari Round Up/Down, Floor juga berkebalikan dari Ceilling. Dibulatkan secara signifikan ke bawah. Jadi, poin sebelumnya 15.989 bisa menjadi, 15.890 (10), 15.800 (100) dan seterusnya. Untuk Format penulisan rumus sebagai berikut, “=Floor(Cell;lalu tulis significance)”.

See also  Contoh Cara Menggunakan Fungsi Rumus Perkalian di Excel

Ada lagi kasus di mana Anda membutuhkan jawaban dari sebuah pernyataan. Bila perusahaan akan mengirimkan 10 daging ke dalam sebuah box. Berapa jumlah box diperlukan agar bisa mengirim 628 daging. Fungsi yang harus ditulis adalah MROUND, akan mendapatkan jawaban 63.

Sebenarnya, lebih ke pembagian. Tetapi, nilai tersebut lebih akurat. Apalagi, dalam pelaporan data angka desimal harus dihindari, agar tidak membingungkan. Dalam kasus di atas akan ditemukan jawaban sebagai berikut. 628 dibagi 10 menemukan hasil 62,8 langsung jadikan pembulatan hingga 63.

Contoh Cara Membulatkan Angka Ke Kelipata Tertentu Dengan Fungsi MROUND

Mungkin Anda perlu membulatkan Angka ke kelipatan dari angka yang Anda tetapkan. Sebagai contoh, misalnya ketika pkantor Anda mengirimkan 19 buah produk dalam kontainer.

Anda bisa menggunakan fungsi di excel MROUND untuk menemukan jumlah kontainer yang akan Anda perlukan untuk mengirim 205 produk tadi. Dalam kasus ini, jawabannya adalah 11, karena 205 dibagi 19 adalah 10.7, dan Anda akan perlu membulatkannya ke atas. Peti ke-11 hanya berisi 15 produk.

Kemungkinan juga ada kondisi dimana Anda perlu membulatkan sebuah angka negatif ke kelipatan negatif atau angka yang berisi tempat desimal ke kelipatan yang berisi tempat desimal. Pada kondisi seperti ini, Anda juga bisa menggunakan fungsi excel MROUND.

Menggunakan fungsi di Excel ini memungkinkan pelaporan data jadi lebih singkat, walaupun kurang efektif karena tidak tahu angka pasti. Tetapi, dalam membuat hasil akan jauh lebih mudah. Rumus Pembulatan Excel ini bisa dipelajari dengan mudah oleh siapa saja dan kapan saja.

Nah, diatas adalah contoh cara menggunakan fungsi rumus pembulatan excel atau cara pembulatan di excel dengan ROUND, ROUNDUP dan juga ROUNDOWN untuk kamu yang mau belajar excel. Semoga bermanfaat untuk anda ya! Jangan lupa dibagikan kalau Anda merasa informasi ini berguna.

Subscribe, follow instagram @aikerja, twitter @aikerja dan ikuti terus website lowongan kerja aikerja.com untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru setiap hari!

Blog Dunia Kerja, Tips Dunia Kerja, Trik Microsoft Excel

Leave a Reply